Melejitkan Kemampuan Menulis bagi Pemula

Judul : Menulis Siapa Takut? Panduan bagi Penulis Pemula
Nama Pengarang : Imron Rosidi
Penerbit : Kanisius
Tahun Terbit : 2009
Kota Terbit : Yogyakarta
Ukuran : 20.9 x 14.8 x 0.7 cm
Halaman : 110
Harga : Rp 22.000, 00 (disc 15% @Togamas Yogyakarta)

Siapa yang tak kenal dengan dunia tulis menulis? Dalam tahap perkembangan manusia, menulis merupakan salah satu tahapan yang dilalui setelah melewati tahapan mendengar, berbicara dan membaca. Untuk menjadi seorang penulis, mau tak mau kita tidak bisa lepas dari aktivitas membaca. Alias don’t write if you don’t read. Kita tidak akan mampu menulis dengan baik kalau kita tidak membaca. Membaca merupakan kunci sukses seorang siswa yang ingin menjadi penulis (hal.3). Disebabkan dengan membacalah cakrawala kita terbuka, mampu mengenali berbagai macam alur dan gaya tulisan. Dan tentu saja, apa yang saya tulis dalam resensi inipun merupakan buah dari membaca.

Buku yang ditulis oleh Imron Rosidi ini berusaha menjelaskan secara gamblang tentang tata cara menulis berbagai macam tulisan secara apik dan tak melenceng dari aturan. Mulai dari tata cara menulis rangkuman, resensi buku, artikel ilmiah, berita, serta laporan penelitian. Tentu saja masing-masing tulisan memiliki ciri khas dalam hal ragam bahasa serta format penulisannya.

Penulis juga menjelaskan berbagai tujuan dan manfaat menulis itu sendiri. Ada tulisan yang sifatnya menjelaskan, meyakinkan, menceritakan, mempengaruhi pembaca, dan menggambarkan sesuatu. Adapun salah satu manfaat menulis adalah mampu menjadi solusi dalam pemecahan masalah.

Bahasa yang santai dan komunikatif menjadi nilai postif dari buku ini. Selain itu bahasanya juga lebih mudah untuk dimengerti dan tidak berbelit-belit. Kita akan diajak untuk mengikuti petunjuk-petunjuk dalam membuat tulisan serta dimudahkan dengan contoh-contoh yang diberikan oleh penulis. Dengan digambarkannya berbagai macam jenis tulisan, maka kita kan mengetahui perbedaan antara tulisan yang satu dengan yang lain. Selain itu buku ini juga disertai dengan ilustrasi yang menarik. Kata-kata penulis cukup menginspirasi dan memotivasi untuk segera menulis. Nilai positif semakin bertambah dengan adanya panduan penulisan huruf kapital dan kata serta penggunaan tanda baca di akhir buku ini. Namun, di balik segala kelebihannya, satu hal yang perlu diperhatikan untuk perbaikan buku ini adalah adanya beberapa kata yang salah ketik sehingga hal tersebut sedikit mengganggu dalam proses membaca.

Secara keseluruhan, buku ini cukup bagus digunakan sebagai panduan menulis bagi pemula, terutama siswa setingkat SMP atau SMA. Karena bahasanya cukup meremaja dan menarik untuk diikuti. Jadi, tunggu apa lagi? Kalau ingin melejitkan kemampuan menulis, tak ada salahnya kamu baca buku ini terlebih dahulu. Ingat, don’t write if you don’t read! ^^

Yogayakarta, 02 Maret 2012
Di ruangku.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s