80 Buku dan Jurnal Ilmiah: Jalan Menuju Lulus Kuliah

“Aku ingin segera skripsi!”

“Ingin cepat lulus!”

Itulah kata-kata yang seringkali terbersit dalam hati saya. Sayang seribu sayang, jalan menuju kelulusan haruslah ditempuh dengan perjuangan. Tak bisa lulus secara instant. Syarat dan ketentuan pun harus dipenuhi.

Harus sudah membaca 80 buku! Itulah salah satu syarat yang diajukan jurusan kepada mahasiswa. Alhasil, beberapa waktu lalu dosen pembimbing saya pun memberi konfirmasi untuk meng-list judul2 buku yang pernah dibaca. Nantinya untuk menguji apakah buku2 tersebut benar2 sudah dibaca ataukah belum, Bu dosen akan mengajukan beberapa pertanyaan terkait isi dari buku tersebut.

UU Penerbitan jurnal ilmiah mahasiswa pun tak mau ketinggalan. Untuk lulus S1, kamipun dituntut mampu menulis jurnal dan diterbitkan secara nasional. Hmm, makin bertambah saja beban di pundak.

Tak ketinggalan, di antara syarat yang diajukan oleh ketua jurusan pun menuntut agar mahasiswa Teknologi Pendidikan benar2 “nge-dhong” tentang berbagai perkembangan definisi dan seluk beluk Teknologi Pendidikan. Tujuannya tak lain jurusan benar2 berusaha untuk menelorkan lulusan yang kompeten di bidangnya.

Walhasil, para dosenpun berharap kami bisa lulus cepat untuk menigkatkan akreditasi jurusan dengan tanpa menyepelekan pemahaman yang mendalam terhadap makna Teknologi Pendidikan itu sendiri.

Baiklah! saya akan berusaha! Mumpung sudah dapat kabar boleh mengajukan judul mulai semester ini. Allahumma laa sahlaa illa ma ja’altahu sahlaa wa anta taj’alu alhazna idzaa syi’ta sahlaa… Doakan saya ya.

Yogyakarta, 03 Maret 2012

Aufanuri Ihrishii

di ruangku.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s