The Series of KKN-PPL #First Time

Selasa, 03 Juli 2012

Bismillah…

Ini adalah hari kedua bagi saya menjalani KKN-PPL di sebuah lembaga yang letaknya tak sebegitu jauh dari tempat saya tinggal. Hmm, kesan pertama….. “Capek dan sedikit Boring!”

Baru merasakan beginilah rasanya menjadi seorang pegawai kantoran. Meskipun tak sepenuhnya bisa mengetahui bagaimana bekerja sebagai seorang pegawai, namun… begitulah adanya. Jam 7 pagi harus sudah berangkat, jam 4 sore baru pulang. Meskipun ada libur 2 hari di hari Sabtu dan Ahad, namun menurut saya seharian di kantor tentu saja sangat menguras waktu. Sebenarnya awal mulanya saya tidak begitu berkeinginan untuk KKN-PPL di lembaga. Namun ada hal lain yang menjadi pertimbangan mengapa akhirnya saya memutuskan untuk KKN-PPL di tempat ini.

Saat Harus Memilih

Awalnya, ketika dosen mengumumkan bahwa ada pilihan KKN-PPL di sekolah, saya cukup antusias untuk memilih sekolah. Alasannya, karena saya cukup senang dengan aktivitas mengajar. Berinteraksi dan membangun komunikasi dengan para siswa. Akan tetapi, saya mulai menimbang-nimbang. Mungkinkah saya diizinkan untuk tetap mengenakan hijab saat KKN-PPL di sekolah nanti? Sayapun mulai menggali informasi. Menghubungi kakak tingkat saya yang beda jurusan namun juga sudah berhijab. Beliau yang kebagian KKN-PPL di sekolah mengatakan bahwa beliau tetap bisa mengenakan hijabnya di sekolah. Namun beliau melepasnya saat mengajar di kelas. Beruntungnya beliau kebagian di SMK yang kelasnya terdiri dari siswa putri semua. Jadi melepas hijab pun tak jadi masalah saat mengajar di depan kelas.

Adapun pilihan sekolah yang saya hadapi adalah sekolah yang kelasnya terdiri dari siswa putra dan putri. Atau malah dominan putra karena ada pilihan STM. Jadi, mungkinkah saya akan tetap leluasa mengenakan hijab saya saat terjun di sekolah nanti? Sementara teman sejurusan saya yang memilih KKN-PPL di sekolah tenyata laki2 semua. Akankah saya berpasangan dengan seorang teman laki2 saya saat mengajar di kelas nanti? Akankah kepala sekolah dan staf pengajar di sekolah tetap mengizinkan saya untuk mengenakan hijab saat saya mengajar nanti? Tidak. Ini bukan pilihan terbaik. Dan akhirnya saya pun menjatuhkan pilihan untuk KKN-PPL di lembaga.

Awal Mula Menginjakkan Kaki di Lembaga

Saat itu di bulan Februari adalah awal mula saya menginjakkan kaki di lembaga. Sempat dheg2an, memikirkan bagaimana reaksi para pegawai melihat seorang wanita berhijab ikut numpang KKN-PPL di lembaganya. Saya yang sudah mulai sedikit nyaman mengenakan hijab di kampus (karena tak banyak komentar dari dosen) harus dihadapkan dengan lingkungan ‘baru’ yang saya tak tahu akankah orang2 di dalamnya mau menerima saya apa adanya (lebay.com). Dan ternyata……………..

Alhamdulillah, tak ada satu orang pegawai pun yang menyampaikan protes kepada saya maupun dosen pembimbing lapangan (DPL) saya terkait hijab yang saya kenakan. Ini semua karena nikmat dan pertolongan Allah ta’ala. Dan semoga ini adalah salah satu bentuk penerimaan orang2 awam terhadap hijab bagi wanita muslimah. Meski di satu sisi, tetap saja saya merasakan ketidaknyamanan, karena tiap hari harus bergelut dengan dunia ikhtilath. Ya Allah, ampunilah hamba-Mu yang lemah lagi tak punya daya ini…. T_T

#bersambung


5 thoughts on “The Series of KKN-PPL #First Time

  1. Assalaamu’alaykum..
    Ukhti, anti kuliah di ### ya? Angkatan berapa?
    Btw gimana dakwah salaf di ### sekarang? Kalo dulu pas jaman ana (angkatan 2005) sih masih didominasi tarbiyah…

  2. Wa’alaikumussalam Warahmatullah. iya um, kok tahu? hehe, bisa ketahuan juga ya. btw, ini ummu firdaus siapa ya? Apakah saya mengenal anty? Masih sama kok um, tarbiyah kental. Saya sih g aktif di organisasi Islam nya kampus. Lebih suka jadi mahasiswi “kupu-kupu (kuliah pulang)”, coz kajian di kost malah lebih sering. Teman2 di kelas juga banyaknya tarbiyah, tapi tetap berusaha menjaga hubungan dengan mereka, “Semoga menjadi ladang dakwah”

    1. tinggal sampai senin nanti dek.. ^^, alhamdulillah, tetap pakai cadar. Tapi saya nggak ngajar sih. Paling harus interaksi dengan orang2 di sini aja, atau bantu2 kalo pas ada seminar. Pernah juga ngasi pelatihan ke adek2 SMK yang PKL di sini soal pembuatan multimedia pembelajaran interaktif. Doakan ya, moga cepet selesai dan dapat hasil terbaik. ^^

Leave a Reply

