Mengatasi Anak Rewel Saat Dipakaikan Baju

Bismillah.

Wah, lama rasanya saya meninggalkan blog ini. Saatnya menyapa blog kembali. Hehe, saya belum cerita, klo sekarang saya sudah punya 1 baby boy. Rafiq Abdurrahman namanya. Lahir di tanggal 15 februari 2014. Tepat 1 tahun 5 hari usia pernikahan kami.

Sekarang baby boyku sudah besar, hampir 11 bulan. Adaa saja perkembangannya, maasyaa Allah. Sekarang dia sudah bs berdiri, merambat, merangkak ke mana-mana, dan salah satunya dia mulai susah saat dipakaikan baju selepas mandi.

Awalnya, sempat bingung juga, gimana ya biar baby boyku g susah dipakaikan baju. Hmm, bbrapa cara ku coba, alhamdulillah dengan izin Allah ada beberapa cara yang cukup efektif untuk membuatnya tenang saat dipakaikan baju. Simak yuk, trus kita praktekin bareng-bareng.

  • Ajarkan dia doa memakai pakaian

Meski baru 11 bulan, anak kita sudah bisa kita ajarkan doa memakai pakaian lho. Kalau Rafiq kami ajari sejak dia baru lahir. Setiap memakaikan baju, ummi atau abinya sambil mengucapkan doa,

Alhamdulillahilladzii kasaanii haadzats tsauba wa razaqaniihi min ghairi haulin minnii wa laa quwwah

Apa reaksi Rafiq saat mendengar doa ini? secara spontan dia berhenti dari rewelnya, lalu menirukan kami membaca doa, meski hanya dengan hmm.. Aaa.. Maasyaa Allah, laa haula wa laa quwwata illaa billah..

Cara kedua yang saya tempuh adalah

  • Memberikan mainan untuk dia pegang

Dengan tetap membacakan doa untuknya secara berulang-ulang, sambil memegang mainan Rafiq tetap menirukan kami berdoa serta memainkan mainannya, entah menggoyangkannya, atau melihat2 mainan tersebut.

  • Berain Ci Luk Ba

Doa adalah bacaan wajib saat memakaikan baju untuk Rafiq, selain sebagai pembelajaran untuknya, mudah2an itu bisa menjadikannya terbiasa saat dewasa kelak. Dalam rangka mengamalkan sunnah tentunya. Nah, cara yang ketiga, sembari membacakan doa, kemudian kami ajak Rafiq bermain ci luk ba, hehe. Jadi ketika selesai berdoa, kami panggil dia, ‘Rafiq… Ci luuuk.. Baa…’, maka Rafiq pun akan tertawa melihat ekspresi kami.

Tiga cara itu yang selama ini kami tempuh untuk mengatasi anak rewel saat memakai baju. Tentu saja cara tersebut takkan menjadi mudah jika bukan karena pertolongan Allah Ta’ala.. Bagaimana dengan ibu-ibu yang lain? Adakah yang bisa memberikan solusi selain ketiga cara di atas? Mohon berbagi yaaa…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s